
Oli sendiri merupakan pelumas yang bukan hanya diperuntukkan untuk mesin motor, namun juga pada bagian-bagian lainnya. Kamu harus tahu apa saja jenis oli yang dibutuhkan oleh motor dan apa fungsinya. Berikut ini adalah jenis oli pada motor yang perlu kamu ketahui :
1. Oli Mesin
Oli mesin merupakan jenis oli yang dibutuhkan motor yang paling penting. Oli ini disebut juga sebagai minyak pelumas dan merupakan zat yang berfungsi melumasi mesin motor. Peruntukan oli ini adalah untuk membuat mesin tetap awet dan bisa bekerja dengan maksimal. Fungsi oli ini juga bisa untuk pendingin dan penyekat antara komponen yang bergesekan. Oli juga berguna untuk mencegah goresan dan keausan mesin motor.
Lalu, kapan Anda harus mengganti oli mesin? Ganti oli mesin umumnya setiap penggunaan 2.000 kilometer atau setiap dua bulan sekali.
2. Oli Rantai
Oli rantai merupakan pelumas khusus untuk rantai yang didalamnya mengandung zat kimia yang diformulasikan secara khusus untuk rantai. Untuk pengguna motor manual, maka wajib menyediakan oli rantai dirumah agar bisa digunakan sewaktu-waktu, terutama saat kondisi rantai kering.
Jika oli ini tidak pernah diterapkan, maka rantai mudah aus, retak, terkena korosi hingga bisa putus. Untuk penggantian oli rantai bisa dilakukan ketika kondisi rantai sudah kering, timbul suara dari rantai ketika motor digunakan, dan setelah motor terkena hujan atau setelah motor dicuci.
3. Oli Rem
Minyak rem atau oli rem adalah pelumas khusus untuk rem cakram dan kampas. Kegunaannya adalah meredakan panas akibat gesekan antara cakram dengan kampas rem.
Minyak rem yang lama tidak diganti bisa menyebabkan kerusakan pada komponen pengereman. Contohnya adalah kerusakan pada sil karet dalam master rem serta bagian kaliper. Jika komponen tersebut rusak, maka pengereman tidak lagi berfungsi optimal. Keselamatan pengendara motor pun bisa terancam karena hal tersebut.
Kapan minyak rem harus diganti? Ganti minyak rem pada interval 2 tahun atau pada pemakaian motor 40.000 km.
4. Oli Gardan
Oli gardan motor matic adalah pelumas yang digunakan pada motor matic. Fungsinya adalah untuk melindungi komponen-komponen transmisi yang saling bergesekan, terutama pada box gardan. Dengan demikian, maka kinerja transmisi otomatis bisa lancar dan optimal.
Oli gardan yang lama tidak diganti sesuai dengan yang disarankan akan menjadi kotor. Selain itu, tingkat kekentalannya akan berkurang. Selanjutnya, oli tidak melumasi gesekan antara gir pada transmisi motor. Kinerja motor matic tidak akan maksimal ketika oli ini telat diganti.
Oli gardan hendaknya diganti secara berkala. Pabrikan motor biasanya menganjurkan menggantinya setiap 8.000 km pemakaian atau sekitar 4 bulan sekali.
5. Oli Samping
Oli samping merupakan jenis oli yang digunakan pada motor 2 tak untuk penyetelan. Tingkat keborosan jenis oli ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan motor Anda. Fungsi utama dari oli samping adalah untuk melindungi komponen mesin dari aus dan karat. Fungsi lainnya adalah untuk melumasi beberapa spare part pada motor, seperti silinder dan head yang dijaga dengan oli samping dari gesekan berlebihan.
Karena itu, telat mengganti oli samping bisa berakibat fatal. Motor 2 tak Anda bisa rusak khususnya pada bagian silinder, ring poston juga bisa aus. Untuk penggantian oli samping pada motor 2 tak tidak perlu sesering motor 4 tak. Penggantian dalam interval 1 tahun masih bisa dilakukan pada motor 2 tak Anda.
Untuk memenuhi kebutuhan oli motor Anda, bisa segera mengunjungi bagian sparepart di dealer resmi Yamaha terdekat di Kota Anda BroSis.