YAMAHA MOTOR
 

Jajal Ketangguhan Yamaha XSR 155 Antar Pulau, Biker Ini Sempat Menerjang Banjir Tinggi


Ketangguhan Yamaha XSR 155 sudah diuji oleh member XSR Brotherhood Indonesia (XBI) Chapter Medan, Eric Xie dengan melakukan solo touring dari Medan menuju ke Cirebon pada Februari 2021 silam. Tentunya ini menjadi pengalaman baru buat Eric bersama dengan motor yang sudah meraih penghargaan OTOMOTIF AWARD untuk kategori Sport Retro ini.

Eric bercerita bahwa alasannya melakukan solo touring ini karena dirinya merasa lebih leluasa di dalam perjalanan. Awalnya Eric merencanakan empat hari perjalanan, namun karena alasan kondisi akhirnya perjalanan pun ditempuh dilalui selama lima hari.

Menjajal perjalanan sepanjang sekitar 1.600 kilometer dibantu dengan satu unit support Yamaha XMAX, Eric lebih memilih untuk melintas melalui jalur lintas timur Sumatera. Waktu perjalanan juga ditentukan yang hanya dilakukan pada saat terang hari hingga jam 8 malam. Cara ini dilakukan karena perjalanan malam yang dinilai terlalu bahaya serta memanfaatkan malam sebagai waktu untuk beristirahat.

Solo touring ini dimanfaatkan oleh Eric untuk bertemu dengan rekan-rekan dari XBI dari berbagai kota yang dilewati. Ia pun merasa sangat terkesan dan bahagia karena bisa bertemu dengan keluarga baru.

Selama melakukan perjalanan, Yamaha XSR 155 yang ditunggangi oleh Eric tidak menemukan kendala sama sekali. Padahal Yamaha XSR 155 ini sempat menerjang banjir yang lumayan tinggi saat sedang melintas di Karawang, Jawa Barat. Namun Eric bisa melewati banjir tersebut tanpa menemukan masalah yang berarti.

“Kita melewati banjir yang lumayan tinggi ya. Batasannya sudah hamper menyentuh headlamp, sudah mengenai sedikit bagian tangka. Artinya knalpot pun sudah tertutup. Saya melewati banjir tersebut sepanjang sekitar enam meter, tapi motornya masih aman. Gak ada kendala sama sekali sampai hari ini,” tukas Eric.

 Ketangguhan Yamaha XSR 155 membuat Eric kagum dan puas dengan motor ini. Sesuai dengan tagline Born To Be Free, Eric merasa leluasa untuk mengeksplor kemampuan dari Yamaha XSR 155 di jalanan yang penuh rintangan.

“Beban yang saya bawa ada 50 kilogram ditambah dengan berat badan saya  120 kilogram, motor ini masih terasa sangat tangguh di jalanan. Tidak ada kendala apapun di Yamaha XSR 155, bahkan ban tidak pernah bocor selama perjalanan. Jadi ya saya merasa cukup puaslah dengan peforma dan ketangguhan Yamaha XSR 155 ini,” jelas Eric.

Berikutnya, Eric berencana untuk melakukan perjalanan yang lebih jauh bersama dengan Yamaha XSR 155. Destinasi selanjutnya adalah menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 2022. Kebiasaan touring ini ingin dimanfaatkan Eric untuk mengeksplor keindahan alam di Indonesia.