YAMAHA MOTOR
 

Menang Banyak, Yamaha Kuasai Podium MotoGP Andalusia


Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo kembali mencatatkan kemenangan kedua berturut di MotoGP musim 2020. Hasil baik ini juga diikuti oleh dua pebalap dari Monster Energy Yamaha MotoGP, Maverick Vinales dan Valentino Rossi yang masing-masing meraih podium kedua dan ketiga. Bagi Valentino Rossi, ini adalah podium pertamanya sejak MotoGP Amerika pada 15 April 2019 silam.

Balapan seri kedua yang dilaksanakan kembali di Sirkuit Jerez, Spanyol ini dilaksanakan dibawah suhu yang panas yakni 36 Celcius dan suhu lintasan 59 derajat. Kondisi ini ternyata memakan banyak korban dengan total delapan pebalap harus "keluar" lintasan sebelum balapan selesai.

Fabio Quartararo memulai balapan dari grid terdepan. Menunggangi Yamaha YZF-M1, Quartararo berhasil memimpin sejak awal balapan dan sempat melebarkan jarak hingga 4 detik dengan Valentino Rossi yang berada di posisi kedua pada saat lap ke-11. 

 

 

Persaingan yang sangat sengit terjadi saat perebutan posisi kedua antara Rossi, Vinales, dan Bagnaia dari tim Pramac Racing. Pada putaran kedua, Rossi berhasil menyalip Vinales yang memulai balapan dari grid kedua. Pebalap kawakan ini cukup lama berada di posisi tersebut sebelum akhirnya Bagnaia menyalipnya pada putaran ke-14. 

Sementara itu, Maverick Vinales sempat merosot ke posisi keenam karena tampak beberapa kali melakukan over take. Namun Vinales tetap berusaha untuk meraih posisi di depan. Vinales otomatis masuk ke posisi lima besar usai pebalap asal tim Pramac Racing, Jack Miller mengalami crash. 

Pada akhirnya, Bagnaia harus menyerah di balapan karena ada kendala teknis pada motornya. Momen ini dimanfaatkan oleh Rossi untuk terus menjaga posisinya yang dibuntuti oleh rekan setimnya. Persaiangan kedua pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP ini cukup menarik untuk disaksikan.

Menjelang putaran terakhir, Rossi mampu disalip oleh Vinales yang membuat Rossi harus puas berada di podium ketiga. Hasilnya, tiga pebalap Yamaha berhasil menguasai podium MotoGP Andalusia. Hasil ini menjadikan Yamaha sebagai pemimpin klasemen motor pabrikan dengan 50 poin.